Jumat, 22 Oktober 2021

IDE MENULIS BAGI GURU ( TERINSPIRASI DAN MENGINSPIRASI )

 Hari/ Tanggal    : Jum'at/ 22 Oktober 2021

Nara Sumber        : Wijaya Kusumah, M.Pd

Moderator            : Rosminiyati, S.Pd

Tema Materi        : Ide Menulis Bagi Guru


Pembaca yang baik hati,

Alhamdulillahi robbil 'alamiin. 

Satu kalimat syukur yang saya ucapkan setelah beberapa lama off dari membuat resume pada pelatihan menulis bersama om Jay, sebuah panggilan akrab dari Wijaya Kusumah, seorang penulis hebat, sang blogger, motivator, dan sederet sebutan keren lainnya.

Saya hampir tidak pernah bisa mengikuti pelatihan ini secara on time karena posisi saya sekeluarga tepat berada di area "dakwah", yang mana harus menemani mengaji atau belajar membaca dan menghafal al Qur'an bagi anak-anak, remaja dan dewasa hingga pukul 20.30an. Setelah itu mengurus keluarga sampai waktu istirahat malam. Sedangkan pagi hingga sore hari saya menjalani kegiatan rutin sebagai seorang guru di SMKN 2 Pangkalpinang. 

Saya merasa bersyukur bisa mengikuti pelatihan ini dengan segala aktivitas dan kewajiban lain yang mengiringinya. Seringkali terbersit bahwa hal-hal tersebut menjadi kendala bagi saya. Memang mungkin ini sebuah kendala. Namun saya ingin mengubahnya menjadi inspirasi yang membersamai saya dalam aktivitas menulis saya.

Alhamdulillah Allah swt masih memberiku kesempatan dan kesehatan sehingga pada pagi hari ini saya mampu membuka laptop untuk memulai tantanganku membuat resume. Saya merasa hampir setiap tema pada pelatihan menulis ini selalu menarik dan ingin rasanya mengikuti secara on time agar tidak tertinggal dan saya bisa menanyakan hal-hal yang kurang mengerti atau bahkan hal-hal yang baru bagi saya. Walupun belum mampu saya lakukan, saya akan selalu berusaha tidak melewatkan pelatihan sarat ilmu ini sesuai kemampuan saya.

Pelatihan malam ini mengusung tema " Ide menulis Bagi Guru". Moderator oleh Ibu Rosminiyati, S.Pd. Beliau adalah motivator pertama saya di SMKN 2 Pangkalpinang hingga masuk pada grup whatsapp Pelatihan Menulis bersama om Jay. Orangnya sangat disiplin dan seorang guru yang sudah menginspirasi beberapa rekan guru lainnya untuk turut menulis dalam pelatihan ini. Saya berharap SMKN 2 beberapa langkah lebih maju dengan banyaknya guru yang "menulis" untuk hidup yang lebih bermanfaat.

Nara Sumber kali ini adalah Bapak Wijaya Kusumah, M.Pd, seorang founder pelatihan menulis gratis PGRI. Silahkan bagi para pembaca untuk tidak melewatkan profil beliaudi https://wijayalabs.com/about.

                                                             ( Wijaya Kusumah, M.Pd )

Di atas langit ada langit
Kita tak boleh sombong apalagi membanggakan diri
Kita harus belajar ilmu padi
Kian berisi kian merunduk

Begitu kata-kata om Jay mengawali kebersamaan kami malam ini. 
Menurut om Jay. ide menulis bagi seorang guru itu banyak sekali. Bisa berasal dari dalam dirinya maupun orang lain. Bisa juga dari kegiatan kita sehari-hari. Misalnya saat beliau mengurus perpanjangan SIM di Polres Bekasi dan menuliskan pengalamannya di berbagai blog seperti blog pribadinya https://wijayalabs.com, blog gratisan di blogger.com dan https://gurupenggerakindonesia.com, atau yang lain.

   
Gambar di atas adalah salah satu contoh blog tempat om Jay menuliskan pengalamannya.
Bagaimana cara memulai menulis?
1. Mulailah dengan 3 alinea.
    Alinea pembuka, isi dan penutup.
  
2. Kembangkan dengan 5 W ( What ( Apa ), Who ( Siapa ), Where ( Dimana), When ( Kapan) , dan Why ( Kapan ) dan 1 H ( How / Bagaimana ).
 
    Menulislah terlebih dahulu alinea pertama, maka ide enulis akan datang juga pada alinea kedua. Jika bingung dalam melanjutkan alinea selanjutnya, kita bisa mencari infonya di youtube.com. Masukkan video yang diperoleh ke blog ( copas ). Setelah itu lanjutkan sesuai kebutuhan kita dan pembaca. 
Menceritakan pengalaman di blog untuk kemanfaatan bersama itulah yang dilakukan seseorang untuk bisa selalu terinspirasi dan menginspirasi. Terinspirasi oleh apapun yang ada atau terjadi pada kita atau sekitar kita kemudian menginspirasi orang lain untuk melakukannya atau menyampaikan informasi yang benar kepada orang lain. Hasil akhirnya adalah kita menjadi lebih memahami suatu hal yang kemudian kita tulis tersebut dan seseorang bisa juga memahami suatu hal itu dengan membaca tulisan-tulisan kita. 
Om Jay mencontohkan saat membuat perpanjangan SIM di Bekasi. Bagi Om Jay sendiri akan lebih memahami prosedurnya karena mengalaminya sendiri, sedangkan pembaca juga mendapatkan informasi dari tulisan-tulisan di blog tentang prosedur perpanjangan SIM di Bekasi.

Pembaca yang baik,
Jika kita renungkan ternyata banyak sekali yang seharusnya menginspirasi kita dalam menulis. Setiap kita pastinya tidak lepas dari aktivitas keseharian yang seringkali menemui hal-hal baru yang juga dibutuhkan informasinya untuk orang lain. 
Pertanyaannya, bagiamana membangkitkan diri untuk selalu semangat dalam menulis?
Jawabnya berani melawan diri sendiri dan menertawakan diri sendiri. Rumusnya 2P ( Pendidikan dan Pengalaman), 256 yaitu Relasi dan 5S ( Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santui.

Pembaca juga bisa mengklik https://www.kompasiana.com/wijayalabs/55006e9c8133116819fa77f1/membangkitkan-semangat-menulis.
Sebagai penutup dan penyemangat kita semua dalam menulis, seperti yang dikatakan om Jay " Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi !".

 Semoga bermanfaat.

 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi Modul 2.1

  " Semua pen g etahuan terhubung ke semua pengetahuan lainnya. Yag menyenangkan adalah membuat koneksinya". ( Arthur Aufderheide ...